Selamat Datang Di Portal Resmi Kabupaten Aceh Besar

Belajar dan Bermain di Rumah Baca

Kategori : LITERASI Kamis, 24 Januari 2019 - Oleh mc

Aceh Besar, Media Center - Rumah Baca Lentera Desa Lam Ujong Kecamatan Baitussalam Aceh Besar merupakan salah satu dari beberapa model pendidikan informal yang telah ikut serta membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang didirikan sejak 2017 hingga saat terus bergerak mendorong dan memberikan semangat belajar, mencintai ilmu, melestarikan budaya dan bermain bersama bagi anak-anak sekitar yang berumur dari usia 6 (enam) hingga 8 tahun secara cuma-cuma/gratis.

Lela Andriyanti adalah ketua sekaligus pengelola Rumah baca Lentera menyampaikan bahwa Rumah Baca tersebut hadir karena melihat kekhawatiran kondisi anak-anak saat ini yang sangat rentan terhadap berbagai macam persoalan lingkungan misalnya gedget, game online dan kegiatan lainnya yang kurang bermanfaat pasca mereka pulang sekolah. Sehingga mencoba menginisiasi sebuah ruang belajar sambil bermain.

"kita mengajak dan meminta orang tua untuk mengajak anak-anak mereka mengerjakan PR, membaca, belajar tarian, mewarnai dan melukis sambil bermain. Mahasiswa dan mahasiswi setempat juga turut andil membina dan mengajari anak-anak dengan fasilitas seadanya dan beberapa buku yang telah dbantu oleh badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Aceh," ungkap Lela.

 

 

Proses belajar dan bermain yang biasanya dilakukan mulai pukul 14.00 hingga 16.00 Wib dan pukul 16.00 hingga 18.00 Wib, rumah baca lentera sangat membutuhkan perangkat komputer untuk menunjang proses belajar mengajar serta untuk membantu proses data dan administrasi yang lebih baik. Rumah Baca Lentera secara terus-menerus membangun relasi dan komunikasi agar semakin banyak rumah baca lainnya dibentuk yang dapat membantu meningkatkan semangat menuntut ilmu anak-anak sejak kecil sekaligus menangkal pengaruh negatif dari lingkungan. Lentera juga memiliki harapan agar stakeholders pemangku kebijakan dan kepentingan memberi respon positif serta memberikan perhatian khusus terhadap persoalan pendidikan karena sektor pendidikan adalah hal paling mutlah diperoleh sejak usia dini yang akan mempengaruhinya hingga dewasa dan akan menjadi penentu masa depan bangsa. (SR)

 

MC. Aceh Besar