Selamat Datang Di Portal Resmi Kabupaten Aceh Besar

Pemerintah Berkomitmen Kembangkan Pulau Bunta

Kategori : Pemerintahan Sabtu, 23 April 2016 - Oleh admin

Aceh Besar, MediaCenter-Wakil Bupati Aceh Besar Syamsulrizal bersama Kepala Bidang Pengembangan Pulau-pulau Terluar Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Sofyan, didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Besar, Agus Husni, meninjau Pulau Bunta Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar, Sabtu (23/4/2016).

Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengembangkan potensi alam yang terdapat di pulau terluar di Aceh Besar itu. Sebab, seperti diungkapkan Wabup Aceh Besar, Pulau Bunta memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan. “Kami berterima kasih kepada pejabat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia yang telah member dukungan untuk pengembangan dan pemberdayaan Pulau Bunta ini,” ungkap Syamsulrizal.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Aceh Besar, Agus Husni menambahkan, kedatangan tim dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI itu, dalam rangka mengembangkan potensi yang dimiliki pulau-pulau yang ada di Aceh Besar, khususnya Pulau Bunta.

"Kunjungan ini merupakan respons yang sangat baik dari Pemerintah Pusat terhadap program pembangunan yang telah kita usulkan selama ini," kata Agus Husni.

Ketika berada di Pulau Bunta, rombongan selain meninjau lingkungan gampong berpenduduk 9 kepala keluarga (KK), juga meninjau sejumlah potensi yang terdapat di pulau tersebut. Seperti lahan perkebunan warga, tempat pendaratan ikan (TPI), potensi panorama wisata, darat, maupun laut, serta kelengkapan fasilitas umum yang terdapat di Pulau Bunta yang ditinggalkan sebahagian besar penduduknya itu saat tsunami melanda Aceh 26 Desember 2004.

Pada kesempatan tersebut, Sofyan berkomitmen akan membangun lampu penerangan fasilitas umum yaitu jalan sebanyak 10 buah lampu bertenaga surya. "Untuk bantuan perdana pemerintah pusat akan membantu 10 lampu jalan bertenaga surya," sebutnya.

Sementara itu, Agus Husni menerangkan, kecuali bantuan dimaksud, Pemerintah Pusat melalui Kementerian terkait juga merencanakan melakukan pengembangan Pulau Bunta, dalam berbagai aspek, dan akan melibatkan sejumlah kementerian. Di antarannya adalah, sector perhubungan, pariwisata, pekerjaan umum, pertanian, serta perkebunan. "Ini artinya, untuk pengembangan Pulau Bunta ini bukan cuma melibatkan Kementerian Kelautan dan Perikanan, tetapi juga akan melibatkan sejumlah kementerian lainnya," ucapnya.

Agus Husni menyarankan kepada seluruh masyarakat yang tercatat sebagai warga Pulau Bunta sebelumnya dan kini telah berdomisili di daratan, dapat kembali lagi ke pulau tersebut untuk dapat mempercepat pembangunan palau tersebut dan nantinya Pulau Bunta akan menjadi tujuan wisata di Aceh Besar yang diminati.

Camat Peukan Bada, T Iskandar MSi sangat bahagia atas kunjungan pejabat dari Jakarta didampingi Wabup Aceh Besar, serta kepala SKPK terkait ke Pulau Bunta. Ia berharap, dengan adanya dukungan dan bantuan yang akan diberikan tersebut, Pulau Bunta dapat dikembangkan di masa-masa mendatang.
Turu hadir dalam kesempatan tersebut, Kadispora Aceh Besar Drs Sulaimi, Kepala BPBD Aceh Besar Ridwan Jamil SSos MSi, serta Muspika Peukan Bada. (Mc.Abes)