Selamat Datang Di Portal Resmi Kabupaten Aceh Besar

Tim Kemendes Nilai BUMDes Blang Krueng Aceh Besar

Kategori : Kesehatan Selasa, 01 November 2016 - Oleh admin

Aceh Besar,MediaCenter - Tim Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia yang dipimpin oleh Yudan Istiawan dan rombongan menilai Badan Usaha Milik Gampong di Gampong Blang Krueng, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar, Selasa (1/11/2016). Penilaian tersebut untuk diikutsertakan dalam perlombaan dan penilaian Bumdes tingkat nasional tahun 2016. Hadir dalam kesempatan itu, tim penilai yang berasal dari Universitas Indonesia, wartawan Metro Tv dan Media Indonesia Jakarta. Sedangkan dari Aceh ikut mendampingi pejabat BPM Provinsi Aceh, Helmi Iskandar, Setcam Baitussalam Almunir SSos, perangkat gampong Blang Krueng, dan tokoh-tokoh masyarakat.

Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Besar Muhammad Basir SSTP MSi didampingi Kabid BPMG Aceh Besar, Aulia Rahman SSTP MSi menjelaskan, penilaian terhadap Bumdes Gampong Blang Krueng mengingat gampong tersebut merupakan juara pertama penilaian gampong se-Aceh tahun 2016. “Mudah-mudahan, BUMDes Gampong Blang Krueng juga dapat meraih prestasi terbaik di tingkat nasional tahun ini,” katanya.
Keuchik Blang Krueng T Muslem pada kesempatan itu menjelaskan tentang geografis dan demografi gampong, serta berbagai lembaga penunjang kemajuan gampong, baik itu sektor pembangunan pertanian/peternakan, ekonomi perdagangan, koperasi simpan-pinjam serta lembaga kepemudaan, PKK, serta lembaga lainnya untuk memberikan kemakmuran bagi masyarakat gampong. "Kami sangat berbahagia atas kehadiran tim penilai dari Kemendes Republik Indonesia ini. Semoga Blang Krueng dapat meraih prestasi terbaik,” katanya.
Dijelaskannya, Badan Usaha Milik Gampong Blang Krueng menggerakkan sejumlah kegiatan selama ini, di antaranya usaha rumah sewa, depot isi ulang, toko gampong, handtraktor sewa teratak, pelaminan, usaha pemeliharaan/penggemukan sapi, dan usaha pengembangan lainnya. Di gampong itu, juga ada usaha pembuatan kue karah, dan bank sampah. Sedangkan usaha-usaha itu dimaksudkan untuk peningkatan pendapatan asli gampong dan perluasan lapangan kerja bagi masyarakat.
Gampong yang terus bangkit pascamusibah tsunami itu, menurut Keuchik Gampong Blang Krueng, dihuni oleh 2.104 jiwa penduduk yang terdiri dari 586 KK. “Blang Krueng, kini telah bangkit dari kehancuran dan menjadi terus mengejar cita-cita dan impian mewujudkan gampong yang mandiri,” katanya.
Pimpinan tim dari Kemendes, Yudan Istiawan menjelaskan, kedatangan mereka ke Aceh, khususnya di Gampong Blang Krueng Aceh Besar yaitu untuk menilai berbagai kegiatan yang ada dalam BUMDes, sehingga nantinya akan diikutsertakan dalam penilaian di tingkat nasional. Dia menyatakan senang, karena sambutan yang sangat mulia dari seluruh perangkat gampong dan masyarakat setempat. Dalam kesempatan itu, tim Kemendes juga menikmati makan siang kenduri blang (kenduri sawah) yang dilakukan oleh ratusan petani setempat.(Mc.Abes)