Selamat Datang Di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Aceh Besar

Transmigrasi Data Cut Mulai Ditempati

Kategori : Sosial Budaya Kamis, 24 November 2016 - Oleh admin

Aceh Besar,MediaCenter - Sebanyak 50 unit rumah yang baru dibangun untuk transmigran di Gampong Data Cut, Kecamatan Kota Jantho, Aceh Besar mulai ditempati, Kamis (24/11/2016). Kegiatan tersebut dihadiri Plt Sekdakab Aceh Besar Drs Iskandar MSi, Wakil Ketua DPRK Aceh Besar Ansari Muhammad SPt, para kepala SKPK, dan Muspika Kota Jantho.

Lokasi transmigrasi yang terletak sekitar 5 Km dari Kota Jantho, ibukota Kabupaten Aceh Besar itu berada di atas perbukitan yang indah. Namun, untuk menuju ke lokasi tersebut harus menyeberang sungai. Tapi, saat musim penghujan seperti sekarang, sulit dilalui karena air sungai sangat deras.

Untuk itu, warga setempat mengharapkan kepada pemerintah daerah dan kementerian terkait agar segera membangun jembatan yang representatif.Kadisdinsosnakertrans Aceh Besar Drs Burdan ZZ berharap, ke-50 KK yang menempati lokasi tersebut  agar selalu menempati rumah yang baru dibangun itu. Sebab, bila rumah tak ditempati selama dua bulan, pemerintah akan kembali mencabut penempatan dan kemudian memberikan kesempatan kepada warga yang lain. Bahkan, jelas Burdan lebih lanjut, pemerintah juga memberikan jadup atau jatah hidup serta lahan usaha dan lahan pekarangan. "Kita berharap, lokasi transmigrasi Data Cut ini akan maju dan mampu mensejahterakan hidup masyarakat," ungkapnya.


Plt Sekdakab Aceh Besar Drs Iskandar MSi mengatakan, program transmigrasi ini akan dapat membantu masyarakat yang satu rumah dihuni lebih dari satu kepala keluarga dari golongan keluarga miskin yang ada di Aceh Besar. Melalui program tersebut, juga ikut membantu memberikan  rumah, sekaligus lahan pekarangan 0,25 ha, lahan Usaha I seluas 0,75 ha, dan lahan Usaha II seluas 1 ha, sehingga per KK masyarakat bakal mendapat 2 ha lahan usaha yang diperuntukkan sebagai tempat usaha.(Mc.Abes)