Selamat Datang Di Portal Resmi Kabupaten Aceh Besar

Aceh Besar Berangkatkan 550 Jamaah Calon Haji

Kategori : Pemerintahan Kamis, 27 Juli 2017 - Oleh admin

Aceh Besar, MediaCenter - Tahun ini, sebanyak 550 calon jamaah haji (CJH) Aceh Besar akan diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Aceh Besar. Para tamu Allah SWT tersebut masing-masing tergabung dalam Kloter 3, 5, 6 dan Kloter 12 Embarkasi Banda Aceh. Suasana isak tangis mewarnai pelepasan sekaligus peusijuek (tepung tawar) calon jamaah haji (CJH) asal Kabupaten Aceh Besar oleh Wakil Bupati Tgk H Husaini A Wahab, di Masjid Agung al-Munawwarah Kota Jantho, Kamis (27/7/2017).

Suasana semakin haru ketika dilantunkan talbiyah secara bersama oleh para jamaah dan juga dihadiri unsur Forkopimda, Kepala SKPK, dan tokoh masyarakat. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar, Drs H Salahuddin MPd menjelaskan, jumlah JCH Aceh Besar yang berangkat tahun 1438 H adalah 550 jamaah (213 laki-laki dan 337 perempuan) dan sampai kini jumlah daftar tunggu (waiting list) mencapai 7.687 orang.

Adapun JCH termuda yaitu Cut Della Humaira (22 tahun) asal Gampong Lamtanjong Kecamatan Darussalam dan JCH tertua Abdurrahman Ibrahim Jalaluddin (90), warga Gampong Bueng Bak Jok Kecamatan Kuta Baro.“Sebelumnya, para JCH yang berangkat sudah dibekali manasik haji sebagai bekal ilmu dan pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji,” katanya.

Lebih jauh dijelaskan Salahuddin, JCH Aceh Besar terbagi dalam beberapa kloter keberangkatan.Yaitu sebanyak 388 jamaah tergabung dalam Kloter 3 masuk asrama haji pada 17 Agustus 2017 dan pulang dari Tanah Suci 28 September 2017, serta ditempatkan di kawasan Syi