Selamat Datang Di Portal Resmi Kabupaten Aceh Besar

Uroe Peukan Tani di Aceh Besar Meriah

Kategori : Pertanian Selasa, 17 Oktober 2017 - Oleh admin

Aceh Besar,Media Center - Ratusan petani dan masyarakat menghadiri uroe peukan tani yang berlangsung di kompleks Taman Teknologi Pertanian (TTP) di Gampong Teureubeh, Kecamatan Kota Jantho, Selasa (17/10/2017). Kegiatan yang dihadiri Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali, unsur Forkopimda, dan pejabat Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Aceh itu berlangsung meriah dan turut dipamerkan sejumlah hasil produksi petani, serta diakhiri dengan tanam perdana padi sigupay oleh Bupati Aceh Besar beserta pejabat terkait lainnya.


Kepala BPTP Aceh, Ir H Basri A Bakar MSi menjelaskan, TTP yang berada di Gampong Teureubeh Kota Jantho bertujuan untuk meningkatkan ekonomi regional dan meningkatkan kapasitas petani/pemuda lokal. TTP Teureubeh mulai dilaksanakan tahun 2015 dan penyediaan lahan tapak TTP oleh Pemkab Aceh Besar seluas 1,86 hektare. “Pada tahan pertama, Badan Litbang Pertanian melalui BPTP Aceh melakukan pembangunan fasilitas gedung dan bangunan, selanjutnya pengadaan mesin serta peralatan pertanian pendukung. Selanjutnya Badan Litbang dan perguruan tinggi menyusun potensi pengembangan bisnis kawasan (grand-design),” jelasnya.


Pada tahun 2018 mendatang, tambah Basri, seluruh aset tercatat di Pemda Aceh Besar, penguatan kapasites bisnis Koperasi Babah Pintoe untuk mandiri dan berkembang, pendampingan teknologi oleh Badan Litbang Pertanian dan perguru tingg tanpa batas waktu serta skenarion pengelolaan koperasi sebagai pemakai aset TTP Teureubeh.


Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali menyampaikan apresiasi setinggi-tinggi kepada Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang telah membantu sehingga hadirnya TTP di Gampong Teureubeh tersebut. Untuk itu, Mawardi mengajak semua pihak untuk terus bersungguh-sungguh untuk mencurahkan pikiran dan tenaga agar peningkatan serta produktivitas komoditas pertanian di Aceh Besar selalu terwujud.


Pemkab Aceh Besar, jelasnya, akan selalu memberi perhatian serius untuk peningkatan sektor pertanian di daerah itu. Bahkan, ada sekitar 30.000 hektar lahan sawah abadi akan selalu siap memberikan produksi demi kesejahteraan hidup 70% masyarakat di Aceh Besar yang menggantungkan ekonomi pada sektor pertanian selama ini. “Saya berharap, TTP Teureubeh akan menjadi contoh dan dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat, terutama para petani,” ungkapnya.


Pada kesempatan tersebut, Bupati beserta pejabat lainnya menyaksiakan aneka hasil kerajinan dan produksi petani dari berbagai kecamatan di Aceh Besar, seperti aneka bumbu masak khas Aceh Besar, kue tradisonal, kopi, jamur, dan aneka produksi pertanian serta keripik. Di akhir kegiatan, Bupati dan pejabat terkait lainnya juga melaksanakan tanam perdana padi Sigupay. Kegiatan ini mendapat perhatian serius dan undangan dan petani yang hadir.(Mc.Abes)