Selamat Datang Di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Aceh Besar

Bupati Aceh Besar Harap Lulusan SMK Mesjid Raya Mampu Menjawab Tantangan Industri Kreatif

Kategori : Pendidikan Sabtu, 05 Mei 2018 - Oleh mediacenter

Krueng Raya, Media Center – Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali menghadiri acara wisuda siswa Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Mesjid Raya tahun 2018, di Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Sabtu (5/5/2018).

Mawardi mengungkapkan rasa bangga, karena kembali bisa hadir di sekolah yang pernah dirinya mengabdi tersebut. Selama 20 tahun yang lalu, kenang Mawardi, ia pernah menjadi guru di SMK tersebut, dan kini bisa kembali berdiri di tengah guru dan siswa SMK untuk memberi sambutan dalam acara wisuda selaku Bupati Aceh Besar.

‘’Saya menyampaikan rasa bangga dan terharu pada kesempatan yang bahagia ini bisa lagi hadir di sini. Kita harus bangga bahwa alumni di sini, walaupun bukan lulus di sini tapi guru di sini adalah orang-orang yang sukses di Aceh Besar, dan di republik ini,’’ ungkap Mawardi.

Dikatakan Mawardi, pengangguran terus bertambah dan para lulusan sekolah kejuruan, bahkan sarjana pun juga terus bertambah. Sebab itu, tantangan kedepan tentu menyangkut untuk meningkatkan kesejahteraan angkatan kerja.

Di samping itu, katanya, daerah Aceh ini diciptakan dengan potensi daerah yang sangat luar biasa. Dengan sumber daya alam yang melimpah, sehingga masyarakatnya dituntut untuk mengolah hasil alam ini menjadi kekayaan dan nikmat bagi semua masyarakat Aceh.

‘’Ketahuilah bahwa peluang industri, investasi yang besar di Aceh memang sangat kecil, tapi UMKM, koperasi itu adalah yang menyumbang 80 persen angkatan kerja kita. Oleh karenanya sumberdaya manusia menjadi suatu andalan,’’ ujar Mawardi.

Dulu Aceh terkenal di mata dunia, yang memiliki kawasan pusat kerajinan yang tedapat di Gampong Pande. Sebuah desa yang memproduksikan pelbagai industri kreatif yang bisa menyerap tenaga kerja yang luar biasa. Oleh karenanya, Aceh Besar sekarang ini menitik beratkan pengandalan sumber daya kekuatan tenaga kerja dalam mensejahterakan masyarakat pada UMKM.

‘’Industri yang mendorong untuk menciptakan lapangan kerja itu harus kita kerjakan bersama. Oleh karenanya pada kesamapatan yang berbahagian ini tentu kami sangat bangga dan bahagia bahwa ada SMK, sekolah kejuruan, sekolah keterampilan, itu terus kita dorong,’’ harapnya.

Ada berbagai jurusan di SMK Mesjid Raya itu. Mawardi mencontohkan jurusan logam, maka para lulusanya dapat memanfaatkan untuk memproduksi rencong, keris, pedang dan sebagainya. Karena Aceh Besar memang terkenal dengan daerah yang menghasilkan produk-produk dari logam tersebut. Begitu juga dengan jurusan lain.

‘’Semua ini adalah industri kerajinan dan lulusan kita harus mampu menjawab tantangan ini. Lulusan dari jurusan lain begitu juga harus mampu mendorong ada industri dalam masyarakat untuk terus menjawab kebutuhan yang berkembang selama ini,’’ pungkasnya.
(MC. Aceh Besar)