Selamat Datang Di Portal Resmi Kabupaten Aceh Besar

Wakil Bupati Serahkan Bantuan Zakat Kepada Fakir Miskin di Aceh Besar

Kategori : Ekonomi Rabu, 06 Juni 2018 - Oleh mediacenter

Aceh Besar, Media Center -- Momentum Ramadhan 1439 H,Pemkab aceh besar melalui Baitul Mal (BMA) kembali menyalurkan zakat kepada fakir miskin dengan total seluruhnya mencapai Rp 2.914.500.000 kepada 19.430 jiwa.

Kegiatan penyerahan bantuan tunai secara langsung tersebut dilakukan oleh Wakil Bupati Aceh Besar Tgk H Husaini A Wahab, di Masjid Jamik Al-ITTIHADIYAHi, Kecamatan Seulimuem, Rabu (6/6/2018).

Wakil bupati aceh besar Tgk.H.Husaini A.Wahab pada saat penyerahan bantuan kepada fakir miskin Sebanyak 19.430 warga fakir dan miskin di Aceh Besar mengungkapkan dengan bantuan ini Semoga dapat membantu meringankan beban ekonomi keluarga di bulan Ramadhan dan pada saat hari raya idul fitri nanti, wakil bupati juga menyebutkan bantuan itu akan terus bergilir kepada penerima yang berbeda setiap tahunnya dan Pemerintah aceh besar meminta kepada para mustahik agar mempergunakan bantuan ini dengan sebaik mungkin dan bermanfaat, selain itu wakil bupati juga berpesan kepada penerima bantuan untuk terus berdoa agar ke depan kabupaten aceh besar mampu untuk mengurangi angka kemiskinan di aceh besar.

Kepala Badan Baitul Mal Aceh Besar Drs Zamri A.Rafar mengatakan, dana zakat ini bersumber dari Gaji PNS dilingkungan Kabupaten Aceh Besar. Beliau juga menambahkan, zakat Baitul Mal Aceh Besar dibagi secara adil dan merata ke 23 kecamatan dan 604 gampong di seluruh kabupaten Aceh Besar.

Pada tahun 2018 ini kepala Baitul Mal Aceh Besar juga menjelaskan, Baitul Mal Provinsi Aceh juga ikut membantu BLT di 7 kecamatan sebanyak 1.800 KK dan fakir/uzur untuk 9 kecamatan dengan jumlah 1.762 jiwa. Sedangkan Baitul Mal Aceh Besar menyerahkan bantuan BLT untuk 16 kecamatan dengan 19.430 jiwa dan fakir uzur sebanyak 1.550/kk di 14 kecamatan.

Pada sela-sela penyerahan bantuan tunai tersebut, kepala Baitul Mal Aceh Besar juga menjelaskan tentang program-program lain yang di jalan kan oleh baitul mal aceh besar untuk saat ini, seperti konstruksi rumah dhuafa, tahfizh al-Quran 30 juz kepada 17 orang santri untuk belajar di Tomboro Jawa Timur dan 21 orang di Yala Thailand, Selain itu baitul mal aceh besar juga akan memberikan bantuan beasiswa kepada santri dayah. Karena untuk saat ini bagian beasiswa khusus untuk anak Sekolah kami dari baitul mal sudah tidak mengelola lagi dan beasiswa tersebut sudah kami limpahkan kepada dinas pendidikan untuk mengelola bagian beasiswa tersebut.

(MC. Aceh Besar)