Selamat Datang Di Portal Resmi Kabupaten Aceh Besar

36.185 E-KTP Di Musnahkan

Kategori : Pemerintahan Jumat, 21 Desember 2018 - Oleh mc

Aceh Besar, Media Center -- Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali bersama Wakil Bupati Husaini A Wahab memusnahkan puluhan ribu KTP elektronik yang tidak berlaku lagi di halaman parkir Kantor Dekranasda Aceh Besar, Jum'at sore, 21 Desember 2018.

Kartu Tanda Penduduk Kabupaten Aceh Besar yang berjumlah 36.185 tersebut yang terdiri dari KTP Elektronik yang rusak dan KTP Non Elektronik yang tidak berlaku lagi merupakan cetakan periode 2011 - 2013.

"Pemusnahan KTP Elektronik dan KTP Non Elektronik ini sangat krusial supaya tidak terjadi penyalahgunaan dan dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggung jawab, apalagi menjelang Pemilu 2019 sehingga harus dibakar dan dimusnahkan," ucap Bupati Mawardi Ali.

Pemusnahan KTP yang tidak berlaku atau rusak tersebut adalah sesuai dengan instruksi kemendagri yang tertuang dalam surat edaran nomor 470.13/11176/SJ tentang Penatausahaan KTP-elektronik Rusak atau Invalid.

Pemusnahan KTP invalid sangat penting agar tidak berulang terjadi ketelederon sehingga tercecer seperti yang terjadi di daerah lain di Indonesia sehingga dapat terjadi penafsiran yang negatif ditengah-tengah masyarakat apalagi menjelang pemilihan legislatif, presiden dan wakil presiden pada 2019 nanti.

Pemusnahan Sebanyak 36.185 Lembar KTP rusak dari Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Besar tersebut turut disaksikan oleh para kepala dinas dilingkungan Pemerintahan Aceh Besar yang baru selesai mengikuti rapat kerja daerah kabupaten Aceh Besar.

(MC. Aceh Besar)