Selamat Datang Di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Aceh Besar

Aceh Besar Dominasi Juara Expo Ternak di Abdya

Kategori : Pemerintahan Minggu, 14 Juli 2019 - Oleh mc

Aceh Besar, Media Center -- Aceh Besar dominasi juara lomba Expo Ternak ke-10 Se-Aceh yang diadakan dalam memperingati Bulan Bakti Peternakan 2019, di lapangan Palau Kayu, kecamatan Susoh, kabupaten Aceh Barat Daya, 11-14 Juli 2019.

Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah di sela penutupan kegiatan, mengharapkan kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang membidangi fungsi peternakan untuk terus meningkatkan kinerja dalam meningkatkan ketahanan pangan. Ia juga mengapresiasi kinerja para peternak di Aceh. Ia juga mengungkap, setelah pihaknya melakukan evaluasi, produktifitas sapi aceh semakin bagus. "Kita apresiasi inovasi peternakan di Aceh yang sudah semakin bagus," ungkapnya.

Direktur Pakan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, Sri Widayati dalam sambutannya mengatakan bahwa produktifitas hewan ternak sapi di Aceh sangat baik. "Aceh merupakan daerah kedua penghasil sapi terbesar di Sumatera setelah Sumatera Utara. Data BPS menyebutkan ada 672 ribu ekor sapi yang tersebar di suruh Aceh," ujarnya. Ia juga menjelaskan bahwa pentingnya menjaga kualitas pakan yang dikonsumsi terbak. "Baik kwantitas maupun kualitas harus diperhatikan untuk meningkatkan produktivitas ternak" jelasnya.


Sementara itu, Kadis Pertanian Aceh Besar, Azhar menyampaikan bahwa Aceh Besar dari dulu sudah terkenal sebagai lumbung ternak di Provinsi Aceh. "Even ini merupakan ajang gengsi di mata kabupaten/kota lain, maka keikutsertaan kita juga sebagai ajang edukasi bagi daerah lain bagaimana mengembangkan ternak baik secara tradisional maupun dengan sentuhan teknologi".

Setelah dilakukan penilaian, Aceh Barat Daya terpilih menjadi juara umum. Kendati demikian, dari 13 jenis perlombaan yang dipertandingkan, Aceh Besar meraih juara pada 8 kategori yaitu,

- Juara 1 Simental Kelompok Umur
- Juara 1 Limousin Kelompok Umur
- Juara 1 Sapi Jantan Aceh Bebas
- Juara 2 Simental Bebas
- Juara 2 Sapi Betina Aceh
- Juara 3 Lomba Asah Terampil
- Juara Harapan 1 Petugas Inseminasi Buatan (IB), dan
- Juara Harapan 1 Kelompok Ternak.

Kegiatan ini dihadiri oleh Plt Gubernur Aceh, serta beberapa kepala daerah kabupaten/kota se-provinsi Aceh.

Foto : Humas Dinas Pertanian Aceh Besar