Selamat Datang Di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Aceh Besar

Keuchik Baru Terpilih Masa Jabatan 2019-2025 Siap Dilantik

Kategori : Pemerintahan Minggu, 15 September 2019 - Oleh mc

KOTA JANTHO - Bupati Aceh Besar, Ir H Mawardi Ali, Selasa (17/9/2019) besok, dijadwalkan melantik 134 Keuchik (kepala desa-red) dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar masa jabatan 2019-2025 di Gedung A Jantho Sport City (JSC), Kota Jantho.

Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Setdakab Aceh Besar, Muhajir SSTP MPA, Minggu (15/9/2019) kepada wartawan, mengatakan pelantikan serentak 134 Keuchik tersebut merupakan para keuchik terpilih pada Pemilihan Keuchik Langsung (Pilchiksung) Serentak 2019 yang berlangsung Senin 5 Agustus 2019 lalu.

"Yang dilantik hanya 134 keuchik dari 161 gampong yang ikut Pillchiksung, namun sisanya tidak bisa dilantik keseluruhan karena ada sebagian Keuchik belum habis masa jabatan di tanggal 17 September 2019. Mereka nantinya akan dilantik di kecamatan oleh Camat setempat mewakili Bupati Aceh Besar," ungkapnya.

Pada prosesi pelantikan yang rencana dimulai pukul 9.00 WIB turut mengundang seluruh unsur Forkopimda Aceh Besar, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dijajaran Pemkab Aceh Besar, pimpinan BUMN, BUMD dan instansi lainnya serta perwakilian setiap gampong yang keuchiknya dilantik masing-masing 10 orang. "Kepada para keuchik yang telah mendapat undangan pelantikan agar bisa datang lebih awal dan menggunakan PDUB (pakaian dinas upacara)," katanya.

Ia megatakan, pada hari tersebut Pemkab Aceh Besar juga menyediakan makan siang atau kenduri rakyat untuk para Keuchik yang dilantik, dan para tamu serta undangan di Kompleks JSC.

"Para tamu undangan yang hadir di dalam gedung, agar saat prosesi pelantikan berlangsung dapat mengikuti kegiatan dengan tenang agar proses pelantikan berlangsung khitmad dan lancar. Insya Allah," tegas Muhajir.

Lebih jauh, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Besar, menjelaskan pelantikan Keuchik serentak ini merupakan kali kedua dilaksanakan oleh Pemkab Aceh Besar dibawah kepemimpinan Bupati Ir H Mawardi Ali dan Wakil Bupati Tgk H Husaini A Wahab. "Saat itu, Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali melantik 87 keuchik dari sejumlah kecamatan secara massal di halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Senin 18 Desember 2017 lalu," ungkap Muhajir.

Menurutnya, pelantikan Keuchik serentak juga merupakan salah satu bentuk perhatian Bupati Aceh Besar, dimana para pimpinanan gampong tersebut menjadi ujung tombak dalam pelayanan masyarakat di tingkat gampong. "Jadi keuchik juga menjadi penghubung pemerintah daerah ke pemerintah gampong dalam mengsinergi dan mempromosikan berbagai program serta kebijakan daerah kepada masyarakat," demikian Muhajir SSTP MPA, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Besar.