Selamat Datang Di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Aceh Besar

Kemenperin RI Serahkan Mesin Bordir dan Rotan

Kategori : Pemerintahan Sabtu, 02 November 2019 - Oleh mc

 

Aceh Besar, media Center - Direktur IKM SKIA Kementrian Perindustrian, E. Ratna Utarianingrum didampingi Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan dan Ketua Dekranasda Aceh Besar meninjau hasil produksi Peserta Pelatihan IKM Lhoknga dan Montasik setelah penyerahan mesin bordir dan olah rotan kepada 40 Pengrajin Aceh Besar di Gedung Dekranasda Gani, 2 November 2019.

E. Ratna Utarianingrum mengatakan bahwa sangat penting sekali industri kerajinan dikembangkan yang tumbuh dari kearifan lokal karena memiliki peluang ekspor yang sangat besar.

"Industri Kerajinan punya potensi ekspor sangat besar untuk dikembangkan," ujarnya.

Karena tambahnya, sayang sekali jika dibiarkan tanpa ada nilai tambah dan potensi kerajinan tersebut dapat mengisi pasar lokal dan luar negeri.

"Pemerintah harus konsen pada industri kerajinan ini yang sama halnya dengan industri logam dan lain sebagainya," pintanya kepada Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan yang mewakili Bupati Aceh Besar.

Ia juga mengajak agar para pengrajin yang telah dibina untuk terus berkarya dan berinovasi.

"Orangnya dipintarkan dan alatnya diberikan supaya terus dapat berkarya," tutup Ratna.

Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Aceh Besar, Taufiq SH yang ikut memantau pelatihan tersebut mengungkapkan bahwa pengrajin telah menghasilkan produk baru yang lebih inovasi.

"Hasil pelatihan ini, telah menciptakan produk model baru dari pengrajin," ujarnya.

Ia juga berharap agar model baru tersebut dapat menjawab permintaan pasar untuk menambah penghasilan para pengrajin dengan kemasan yang baik dan kekinian serta pemanfaatan media online.

"Masih banyak pengrajin lain yang juga butuh pembinaan, semoga kerjasama ini terus dapat dikembangkan," harap Taufiq.

 

Media Center Aceh Besar