Selamat Datang Di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Aceh Besar

Meriahkan Hari Jadi ke 30, Dayah Oemar Diyan Gelar Kompetisi Panahan

Kategori : Pendidikan Sabtu, 04 Januari 2020 - Oleh mc

Aceh Besar, Media Center -- Dalam rangka memeriahkan 30 tahun hari jadi, Dayah Oemar Diyan menggelar Oemar Diyan Archery Championship yang dibuka secara simbolis oleh Bupati Aceh Besar, di lapangan sepak bola Dayah Oemar Diyan, Indrapuri, Sabtu, 4/1/20.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Aceh Besar menjelaskan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi Dayah Oemar Diyan yang telah menggelar kompetisi panahan. "Saya sangat apresiasi kompetisi ini, lain dari biasanya," ungkap dia.

Ia mengatakan bahwa olahraga memanah merupakan sunnah Rasul, dan sangat bagus untuk di kembangkan mulai dari tingkat anak-anak. "Supaya mereka (anak-anak) tahu, bahwa olahraga ini salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW selain berenang dan berkuda," kata Mawardi Ali.

Kemudian tambahnya, olahraga panahan merupakan salah satu penyumbang medali emas terbanyak, yang juga menjadikan Aceh Besar juara umum pada Pekan Olahraga Aceh 2018 lalu. "Pora kemarin, panahan sumbang medali emas terbanyak, maka itu, event ini kita dukung penuh," ujar Bupati.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Pengprov Perpani (Persatuan Panahan Indonesia) Aceh, Nyak Amir, ia mengapresiasi pihak Dayah Omar Diyan, yang menurutnya serius dalam mengembangkan olahraga panahan di tingkat sekolah khususnya.

"Dengan club Oemar Diyan Archery yg belum terlalu lama berdiri, namun sudah sanggup melaksanakan Archery Championship, tentu ini prestasi yg membanggakan, dan dukungan dalam proses pembinaan prestasi panahan aceh," tutur Nyak Amir.

Ia juga menuturkan, bahwa selama kegiatan ini, nantinya pihaknya akan tetap mengawasi jalannya pertandingan sampai esok hari (5/1). "Perwakilan Pengprov Perpani Aceh akan berada disini sampai pertandingan selesai, akan memantau, juga sekaligus mencari peserta yang berpotensi besar, yang nantinya akan kita berikan rekomendasi untuk dibina di tingkat Provinsi," tutur dia.

Sementara itu, pimpinan Dayah Oemar Diyan, Tgk. Fakhruddin Lahmuddin mengatakan bahwa pada kegiatan ini, mereka baru membuka kelas 1 nomor saja. "Untuk pemula, dan karena baru perdana, kita hanya membuka 1 nomor, yaitu divisi barebow," katanya.

Ia juga menambahkan bahwa kompetisi yang diikuti oleh 189 peserta tingkat Madrasah Ibtidaiyah, juga Tsanawiyah sederajat ini, berasal dari beberapa kabupaten kota, juga provinsi tetangga. "Selain Banda Aceh dan Aceh Besar, peserta yang kita undang dan hadir, berasal dari Bireun, Meulaboh, Aceh Tengah, Gayo Lues, dan juga ada yang dari Sumatera Utara," jelasnya.

Ia berharap, kompetisi ini akan berlangsung dengan sportif, dan akan melahirkan atlit-atlit yang bisa bertanding di tingkat nasional bahkan internasional.
"Semoga sportifitas dijunjung tinggi, dan pada akhirnya, akan kelihatan calon atlit masa depan yang akan mengarumkan nama Aceh Besar khususnya, Aceh pada umumnya di olahraga panahan kelas dunia".

 

MC. Aceh Besar