Selamat Datang Di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Aceh Besar

Pemkab Aceh Besar Terima Bantuan 100 unit Tempat Sampah dari BNPB

Kategori : Pemerintahan Jumat, 10 Januari 2020 - Oleh mediacenter

Aceh Besar, Media Center - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang bekerja sama dengan yayasan Kawan Lama Sahabat Bangsa menyerahkan bantuan 100 unit tempat sampah kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Besar secara simbolis di Gedung Dekranasda Aceh Besar, Jum'at 10 Januari 2020.

Bantuan 100 unit tempat sampah ini rencananya akan ditempatkan pada sarana ibadah dan fasilitas umum yang ada di Aceh Besar.

Asisten I bidang Pemerintahan Aceh Besar Abdullah, S.Sos mewakili Bupati Aceh Besar mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada BNPB dan Yayasan Kawan Lama Sahabat Bangsa yang telah memberikan bantuan tersebut.

"Atas nama pemerintah Aceh Besar saya ucapkan terimakasih atas bantuan ini, ini merupakan bentuk kepedulian kepada pemerintah Aceh Besar guna menanggulangi persoalan sampah di Aceh Besar," Katanya.

Menurutnya, program bantuan ini sejalan dengan program Bupati Aceh Besar untuk mengatasi masalah sampah. Ia juga menyebutkan persoalan sampah ini menjadi tanggung jawab bersama. "Bupati telah memberikan intruksi bahwa sampah adalah masalah bersama, bahkan untuk mengatasi masalah sampah para geuchik dapat menggunakan dana desa," Ujar Abdullah.

Selain itu menurutnya, sampah adalah sumber awal dari bencana, jadi ketika semua sadar akan kebersihan lingkungan dan sama-sama bertanggung jawab dengan kebersihan adalah wujud dari kepedulian menjaga alam. "Kita peduli kebersihan maka kita juga peduli kepada alam, sampah adalah sumber awal dari bencana," Tutur Abdullah.

Hal senada juga disampaikan oleh perwakilan dari BNPB Iwan Subiyantoro, bahwa peduli lingkungan dan sampah berarti sama halnya kita peduli dengan bencana. "Inilah bentuk kepedulian kita terhadap alam, salh satunya adalah menjaga alam dari sampah," Katanya.

Menurutnya program ini berawal saat program KATANA di kecamatan Lhong beberapa waktu lalu. "Idenya muncul saat kegiatan KATANA di Jantang yang lalu," Pungkas Iwan.

Iwan juga menambahkan bahwa saat ini baik masyarakat ataupun pemerintah harus belajar dan tanggal akan bencana. Apalagi menurutnya Indonesia adalah salah satu Negara yang sangat rawan Bencana. "Mari kita sama-sama belajar tentang bencana, agar kita semua sadar akan bencana alam," Katanya.

Dilain sisi kepala Yayasan Kawan Lama Sahabat Bangsa Dasep Suryanto mengatakan, program bantuan ini adalah bentuk kepedulian Yayasan kepada masyarakat guna mengatasi persoalan sampah yang menjadi sumber penyakit dan bencana. "Program ini kita lakukan adalah bentuk kepedulian kita terhadap alam," Ujarnya.

Ia berharap agar masyarakat yang menerima bantuan ini mampu menjaga dan memanfaatkan tempat sampah dengan sebaik-baiknya. "Kita ingin tempat sampah ini bermanfaat bagi masyarakat, kita jaga alam maka alam juga menjaga kita," Tuturnya. 

(Media Center Aceh Besar)