Selamat Datang Di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Aceh Besar

Bupati Aceh Besar Buka Rapat Evaluasi Pemekaran Aceh Raya

Kategori : Pemerintahan Senin, 03 Februari 2020 - Oleh mc

Aceh Besar, Media Center - Bupati Aceh Besar Ir. Mawardi Ali membuka rapat evaluasi pemekaran Aceh Raya di Aula Kantor Camat Lhoknga, Senin 3 februari 2020.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, perjuangan Aceh Raya ini sudah hampir 20 tahun. Perjuangan yang melelahkan ini belum berhasil sehingga Aceh Raya ini sering sekali menjadi konsumsi politik. "Sering kali isu Aceh Raya menjadi isu politik, makanya perjuangan ini harus segera diselesaikan," Katanya.

Menurutnya Pemerintah Aceh Besar saat ini memiliki kepentingan besar untuk mewujudkan Aceh Raya ini karena luas wilayah yang sangat besar dan yang paling penting adalah percepatan pembangunan daerah. Hari ini pemerintah Daerah mengandalkan dana transfer untuk membangun daerah. " Aceh Besar mendapatkan dana transfer sekitar 6 triliyun tapi karena luasnya wilayah Aceh Besar kita tidak sanggup, maka idealnya adalah pemekaran. Semakin banyak pemekaran maka pembangunan semakin cepat terealisasikan," Ujarnya.

Mawardi mengatakan memang mendagri menutup kran pemekaran, tapi ada celah untuk masuk melalui undang-undang. " Untuk mewujudkan Aceh Raya maka pemerintah Daerah Aceh Besar harus di garis depan, oleh karena itu saya hari minta kepada sekda Aceh Besar untuk mengarahkan bagaimana panitia pemekaran bisa berjalan dengan baik, " Ungkapnya.

Diakhir pidato mawardi menyampaikan harapnya agar proses pemekaran Kabupaten Aceh Raya segera terealisasi. "Sudah 20 tahun perjuangan ini kita perjuangkan bersama-sama maka jangan sampai perjuangan Aceh Raya ini tidak ada hasilnya," Pintanya.

Dilain sisi ketua panitia Pemekaran Aceh Raya Khalidin Lhoong mengatakan Pada prinsipnya administrasi dan syarat untuk pemekaran Aceh Raya sudah lengkap tinggal bagaimana kita ajukan ke pemerintah pusat.

"Kita tidak lagi bicara lagi soal bagaimana ini tidak berhasil, melainkan kita satukan visi lagi untuk menyongsong Aceh Raya agar berhasil kita perjuangkan," Ujarnya.

Menurutnya apa yang diperjuangkan hari ini adalah bagaimana kita menembus pemerintah pusat untuk membuka kran moratorium pemekaran, karena Papua sudah mulai dibuka, kenapa Aceh tidak. "nah hari ini adalah kesempatan kita semua," Ungkap Khalidin.

Ia yakin dan optimis Kabupaten Aceh Raya akan segera terealisasikan, karena saat ini Bupati Aceh Besar mendukung penuh untuk proses pemekaran Aceh Raya. "Saya yakin ini akan berhasil, karena pemerintah daerah berjuang bersama dan berada digaris terdepan," Katanya.

Media Center Aceh Besar