Selamat Datang Di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Aceh Besar

Penyaluran Paket Sembako Aceh Besar Hampir Tuntas

Kategori : Pemerintahan Senin, 11 Mei 2020 - Oleh mc

KOTA JANTHO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar melalui Dinas Sosial Aceh Besar hampir menuntuntaskan penyalurkan 17.324 paket sembako kepada masyarakat terdampak wabah Virus Corona (Covid-19) di wilayah tersebut. Paket akhir sembako tersebut disalurkan di Kecamatan Ingin Jaya dan Lhoong, Senin (11/5/2020).

Kadis Sosial Aceh Besar, Jamaluddin SSos MM, disela-sela penyaluran paket di Kantor Camat Ingin Jaya, di Lambaro, Senin (11/5/2020), mengatakan, paket jaring pengaman sosial dari Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, menjelang akhir ini disalurkan di Kecamatan Ingin Jaya sebanyak 1.176 paket yang diserahkan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Aceh Besar, Hj Rahmah Abdullah didampingi Kadis Sosial Aceh Besar Jamaluddin dan Camat Ingin Jaya Kamil Zuhri untuk masyarakat serta sekaligus dalam rangkaian sosialisasi tentang pencegahan Covid-19 di Kantor Camat Ingin Jaya.

Katanya, dalam kegiatan itu Ketua TP PKK meminta kepada masyarakat agar berperilaku hidup bersih biasakan mencuci tangan apabila sehabis bepergian dan berinteraksi dengan orang banyak agar mengganti pakaian sesudah sampai dirumah. “Untuk Kecamatan Lhoong, paket sebanyak 821 paket diserahlan oleh Asisten II Setdakab M Ali SSos MSi dan hanya kecamatan Pulo Aceh terakhir disalurkan nanti,” ungkapnya.

Kadis Sosial Aceh Besar ini, merincikan paket bantuan sembako tersebut terdiri dari beras 10 kg, minyak goreng 2 liter, gula 2 kg dan mie instan. “Bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik, jangan dilihat dari jumlahnya, mudah-mudahan dapat membantu meringankan beban masyarakat ditengah mewabahnya virus Corona,” ujarnya.
Dikatakan Jamaluddin, penyerahan sembako di kecamatan Lhoong merupakan kecamatan yang ke 22, dan terakhir sisanya Kecamatan Pulo Aceh. Kalau tidak ada halangan akan dilakukan bersamaan dengan penyerahan bantuan masa panik pasca terjadinya angin puting beliung di Kecamatan tersebut. “Kami sedang melakukan pendataan dilapangan terkait dampak puting beliung di dua pulau itu, yakni Pulo Beras dan Pulo Nasi,” ujarnya.


Kadis Sosial Jamaluddin, menegaskan bahwa masyarakat yang menerima bantuan adalah mereka yang kurang mampu atau golongan menengah kebawah yang kehidupan ekonominya terganggu akibat dilakukan penghentian aktivitas di luar rumah beberapa waktu. “Mereka bukan dari penerima PKH, BPNT, Aparatur desa, Pegawai negeri, Pegawai BUMN, Pensiunan, Penerima bantuan Kemensos, tenaga kontrak, dan Penerima zakat Baitul Mal aktif,” tuturnya.

Kadis Sosial Aceh Besar yang juga Ketua Bidang Pemulihan Pelayanan Dasar Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Besar mengungkapkan bahwa sebelumnya dari 25.000 paket atau Kepala Keluarga (KK) yang direncanakan telah disalurkan untuk 20 kecamatan lainnya.

“Pemerintah terus membantu dan mari kita semua peduli dan berusaha dalam mengatasi serta penangganan penyebaran virus corona dan terus berdoa kepada Allah semoga musibah ini cepat berlalu,” pungkas Jamaluddin SSos MM