Selamat Datang Di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Aceh Besar

Forkopimda Aceh Besar Tinjau Pos Pelayanan Operasi Ketupat Rencong 2020

Kategori : Pemerintahan Sabtu, 23 Mei 2020 - Oleh mc

Aceh Besar, Media Center -- Guna memastikan kenyamanan pengendara kenderaan bermotor selama lebaran, Forkopimda Aceh Besar meninjau kesiapan Pos Pelayanan Operasi Ketupat Rencong tahun 2020 di 2 titik, yaitu di simpang bundaran Lambaro, kecamatan Ingin Jaya, serta simpang Aneuk Galong, kecamatan Suka Makmur, Sabtu malam, 23/5/2020.

Bupati Aceh Besar menjelaskan bahwa peninjauan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang bertujuan untuk memastikan kesiapan baik sarana maupun personel yang nantinya akan berjaga di pos tersebut. "Pos ini setiap tahun diadakan dalam rangka menyambut lebaran, terlibat disini beberapa pihak mulai dari TNI/Polri, Satpol PP, tenaga kesehatan, dan dari Dinas Perhubungan, semuanya mempunyai tupoksi masing-masing dalam bertugas, dan Alhamdulillah sejauh ini mereka sudah sangat siap," ujarnya.

Ia juga mengapresiasi para petugas yang telah memulai bekerja pada pos pengamanan dari awal bulan Ramadhan. "Kami apresiasi sekali, dari awal Ramadhan mereka sudah bekerja, semuanya demi masyarakat," katanya.

Terkait pencegahan Covid-19 pada waktu lebaran, Mawardi Ali meminta kepada masyarakat agar sebisa mungkin untuk mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah. Namun begitu, pihaknya tetap tidak melarang shalat Idul fitri berjamaah di seluruh wilayah Kabupaten Aceh Besar. "Kita tidak melarang shalat id berjamaah, silahkan di masjid masing-masing, namun sejumlah protokol kesehatan yang berlaku harus diikuti, seperti untuk tidak berkerumun, jaga jarak, juga pakai masker. Dan bagi yang merasa dirinya kurang sehat, agar sebisanya untuk shalat di rumah, karena dalam islam, diperbolehkan shalat idul fitri di rumah dalam situasi tertentu," jelasnya.

Kemudian tambahnya, "Di setiap gampong juga sudah kita arahkan, bilamana terdapat pendatang, ataupun warga gampong yang baru pulang merantau, lebih lagi dari Zona Merah, wajib karantina mandiri di rumah, atau juga bisa di rumah singgah yang sudah tersedia di setiap kecamatan se Aceh Besar".

 

Sementara itu, Kapolres Aceh Besar, AKBP Riki Kurniawan mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan dalam melakukan pengamanan pada Operasi Ketupat Rencong tahun 2020. "Kita telah menempatkan anggota di sejumlah titik, juga di Terminal Saree kita bersama-sama dengan pihak Dinkes, Satpol PP serta Dishub, melakukan pemeriksaan kepada seluruh angkutan pribadi maupun umum yang masuk ke wilayah Aceh Besar, suhu tubuh seluruh penumpang diperiksa, dan diwajibkan memakai masker". Turut mendampingi dalam kegiatan tersebut Sekda Aceh Besar Iskandar, Asisten Pemerintahan & Kesra Abdullah, Kadishub Aceh Besar Azhari, Kabag Humas Setdakab Aceh Besar Muhajir, serta Kabag Umum Setdakab Aceh Besar Muwardi.