Selamat Datang Di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Aceh Besar

WAKIL BUPATI ACEH BESAR DAN BPBA SERAHKAN BANTUAN PEMULIHAN EKONOMI MASYARAKAT PASCA BENCANA DI KECAMATAN LHOONG

Kategori : Pemerintahan Kamis, 02 Juli 2020 - Oleh mc

Aceh Besar, Media Center - Wakil Bupati Aceh Besar Waled Husaini bersama Kepala Pelaksana BPBA yang diwakili Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Said Ashim, SE didampingi oleh Kalaksa BPBD Aceh Besar Farhan, Kamis, 2 Juli 2020, menyerahkan bantuan Pemulihan Ekonomi Masyarakat Pasca Bencana kepada 9 masyarakat Gampong Krueng Kala Kecamatan Lhoong di Lokasi Wisata Air terjun Suhom.

Bantuan ini diberikan oleh BPBA dalam rangka membantu masyarakat pedagang di Lokasi Wisata Air Terjun Suhom dimana semua tempat usaha dan dagangan mereka terbawa musibah banjir pada tanggal 8 Mei 2020.

Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBA, Said Ashim dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa, bantuan pemulihan ekonomi masyarakat pasca bencana ini merupakan salah satu program Pemerintah Aceh untuk membantu korban bencana untuk kembali bangkit dalam menjalankan usahanya setelah terkena bencana. "Bantuan yang diberikan ini bukan dalam bentuk modal usaha, akan tetapi bantuan yang diberikan adalah berupa barang2 dan perlengkapan usaha sesuai dengan usaha mereka sebelum musibah terjadi, dan ini sudah diverifikasi oleh Tim dari BPBD Aceh Besar dan BPBA dengan melibatkan perangkat gampong di lokasi musibah terjadi, dan mudah-mudahan dengan bantuan ini mereka bisa kembali bangkit untuk menghidupi keluarga masing-masing," ujar dia.

Sementara itu, Wakil Bupati Aceh Besar, Waled Husaini, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Aceh melalui BPBA yang sudah membantu masyarakat Aceh Besar yang tertimpa musibah banjir beberapa waktu yang lalu, dan juga mengahrapkan agar bantuan terus berkesinambungan. "Bantuan yang seperti ini agar dapat berjalan terus karena bantuan seperti inilah yang diharapkan oleh korban bencana dalam rangka menghidupkan kembali usahanya yang hancur karena musibah," ujar wakil bupati Aceh Besar.

Kemudian tambah Waled, ia berharap agar bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Aceh ini dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk kembali berusaha agar dapat meningkatkan perekonomian keluarga. "Semoga bermanfaat, malah kalau bisa lebih terpacu lagi berusaha untuk meningkatkan taraf hidup keluarga," harapnya.


Disisi lain Kalaksa BPBD Aceh Besar, Farhan menjelaskan bahwa ini adalah bantuan pemulihan ekonomi masyarakat pasca bencana yang kedua diterima oleh masyakat Aceh Besar, setelah sebelumnya pada bulan Mei yang lalu BPBA juga membantu mayarakat Gampong Dham Ceukok yang tempat usaha mereka terkena musibah kebakaran. "Program ini nantinya akan terus dipantau dan dimonitor oleh BPBA dan BPBD, agar bantuan ini benar-benar dapat membantu masyarakat penerima manfaat ini berjalan sesuai dengan harapan pemerintah yaitu peningkatan taraf ekonomi korban bencana" jelas dia.
Menurut Farhan, BPBD Aceh Besar selama ini selalu melakukan koordinasi dengan BPBA dalam setiap penanganan bencana dan BPBApun selalu siap untuk membantu penanganan bencana maupun penyediaan perlengkapan kebencanaan bagi BPBD Aceh Besar.

Turut hadir dalam kesempatan penyerahan bantuan ini adalah Kadisarpora Aceh Besar Ridwan Jamil, Kabid Darurat Logistik BPBA Syahril serta Forkopimcam Lhoong.