Selamat Datang Di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Aceh Besar

Cegah Stunting, TP PKK Gandeng Dinas Kesehatan Gelar Sosialisasi Tentang Makanan Bergizi

Kategori : Pemerintahan Rabu, 22 Juli 2020 - Oleh mc

Aceh Beswr, Media Center--Demi mencegah terjadinya gizi buruk dan pertumbuhan pada anak dengan kondisi kerdil (kecil). Tim PKK bersama Dinas Kesehatan kabupaten Aceh Besar gencar sosialisasi pencegahan Stunting kepada masyarakat.

"Stunting, merupakan masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yaitu tinggi badan anak lebih rendah atau pendek dari standar usianya," ungkap Ketua PKK Aceh Besar Rahmah Abdullah,SH, saat sosialisasi stunting, di Desa Ajee Cut Kecamatan ingin jaya, Aceh Besar, Senin (20/72020).

Ia menegaskan, sosialisasi stunting dan gizi anak tersebut bertujuan dalam meningkatkan informasi dan edukasi kepada seluruh masyarakat dan kader posyandu mengenai stunting dan gizi anak.

Dengan demikian, para kader nantinya dapat menjalankan tugas dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat. Sehingga, peningkatan gizi anak dan penurunan angka anak stunting dapat menunurun diwilayah Aceh Besar.

“Tentunya sudah jelas, kita harapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas dan kapasitas para kader posyandu dalam memberikan pelayanan bagi seluruh masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, peran orang tua khususnya ibu dalam upaya pencegahan stunting dan pemenuhan gizi lengkap terutama pada dua tahun pertama.

"Setelah masa menyusui, orang tua dianjurkan untuk terus memenuhi gizi anak melalui konsumsi makanan bergizi seimbang. Terpenting yang harus dipenuhi oleh anak adalah protein hewani. Salah satu alternatif untuk memenuhinya adalah mengkonsumsi ikan," ujarnya

Disamping itu, ikan merupakan komoditi yang cukup terjangkau harganya dan memiliki gizi yang sangat tinggi.

"Minat anak-anak untuk mengkonsumsi ikan karena dipengaruhi cara penyajian dan olahannya. Sehingga perlu cara untuk mengolahnya. Oleh karenanya, ibu-ibu harus tahu bahwa ikan bisa juga di olah menjadi seperti nugget, bergedel ikan. Salah satu contohnya yang saya bawa, ini merupakan nugget yang di olah dari ikan tuna," katanya

Maka dari itu, Supaya anak-anak kembali gemar untuk mengkonsumsi ikan.

"Saya harapkan, kedepan para ibu-ibu harus bisa mengolah ikan menjadi makanan yang disukai atau yang digemari, karena dengan mengkonsumsi ikan, merupakan salah satu cara untuk pencegahan stunting pada anak," tuturnya

Media Center Aceh Besar