Selamat Datang Di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Aceh Besar

Rahmah Abdullah: Manfaatkan Kearifan Lokal Untuk Mengembangkan PAUD HI

Kategori : Pemerintahan Rabu, 07 April 2021 - Oleh mc

Aceh Besar, Media Center - Bunda PAUD Kabupaten Aceh Besar Hj. Rahmah Abdullah, SH menjadi pemateri pada peningkatan kompetensi kepala sekolah PAUD Aceh Besar tahun 2021. Pelatihan peningkatan kompetensi kepala PAUD digelar oleh Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Aceh, yang dilaksanakan secara virtual zoom di Ruang Media Center (BP PAUD) dan Dikmas Aceh) Lubuk, Aceh Besar, Rabu (7/4/2021).

Dalam paparannya, Rahmah menyampaikan, PAUD berbasis HI merupakan penanganan anak usia dini secara menyeluruh yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan anak.

Untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu oleh pemangku kepentingan di tingkat masyarakat, pemerintah daerah dan pusat.

"Kunci dari program ini adalah koordinasi dan kerja sama para pemangku kepentingan yang terlibat," ujarnya.

Dalam hal meningkatkan layanan PAUD berkualitas yang diukur dengan kemitraan kemitraan dengan berbagai pemangku kepentingan.

”Jadi, untuk meningkatkan layanan PAUD, kita sudah menjalin kemitraan dengan dinas / instansi terkait, seperti Disdukcapil mengenai Kartu Identitas Anak (KIA), Dinas Kesehatan dan DPMG terkait penganggaran dana desa,” katanya.

Ia berharap, peran kepala sekolah dalam pengembangan PAUD Holistik Integratif dengan memanfaatkan kearifan lokal.

Kepala sekolah harus mensosialisasikan penggunaan alat permainan edukatif (APE) berbasis lokal. Maka, kepala sekolah harus bisa mempraktekan pembuatan APE yang bersumber dari potensi alam seperti membuat mobil-mobilan dari batang rumbia, engklek dari batok kepaladan masih banyak yang bisa kita manfaatkan kearifan lokal disekitar kita, "jelasnya

Karena alat peraga edukatif tradisional atau APE merupakan alat permainan edukatif warisan leluhur, alat yang pernah ada dan telah digunakan pada zaman dahulu untuk mendorong tumbuh kembang anak.

"Maka dari itu, perlu tindakan untuk mendorong agar anak dapat berkembang secara maksimal. Karena, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendorong dan memaksimalkan pertumbuhan anak, salah satu caranya melalui penggunaan APE tradisional ini," pintanya

Pusat Media Aceh Besar