Selamat Datang Di Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Aceh Besar

Cegah Stunting, PKK Aceh Besar Serahkan Bantuan PMT

Kategori : Kesehatan Rabu, 14 Juli 2021 - Oleh mediacenter

Aceh Besar, Media Center -- TP PKK Kabupaten Aceh Besar menyerahkan bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk Balita dan ibu hamil. Penyerahan bantuan PMT merupakan Gerakan penurunan angka stunting di Aceh Besar yang berlangsung di Desa Kalut Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Rabu (14/7/2021)

Ketua TP PKK Aceh Besar Rahmah Abdullah, menyampaikan, stunting ini terjadi akibat dari kurangnya gizi yang terlalu lama pada saat kehamilan.

"Ciri-ciri anak stunting bisa kita lihat dari pertumbuhan atau tinggi badannya tidak sama dengan anak seusianya," katanya

Disamping itu, masalah stunting ini perlu perhatian khusus.

"Oleh karena itu, kami sangat berharap peran aktif dari semua pihak, baik itu dari pemerintah, swasta dan masyarakat maupun organisasi PKK sebagai mitra pemerintah,” ujarnya

Ia juga menekankan pemberian makanan tambahan untuk Balita dan ibu-ibu hamil sangat penting.

"Artinya mencegah anak stunting di mulai semenjak dalam kandungan atau 1000 hari pertama kehidupan sampai usia anak 2 tahun,” katanya.

Menurutnya, pada seribu hari pertama kehidupan, akan dimulai pertumbuh fisik maupun kecerdasan.

“Ibu-ibu harus tahu, bahwa 80 persen pertumbuhan sel otak anak pada saat seribu hari pertama kehidupan. Jadi, ini harus menjadi perhatian sebagai orang tua,” ucapnya.

Media Center Aceh Besar